Senin, 16 Januari 2012

INTERNATIONAL COMPUTER DRIVING LICENSE

Sejarah Perkembangan ICDL

The International Computer Driving Licence (ICDL) adalah merupakan program sertifikat keahlian computer tingkat dunia yang paling ternama. Dengan lebih dari 3 juta candidate dan lebih dari 12 juta test yang diselenggarakan di lebih dari 131 negara. ICDL merupakan ukuran kualifikasi keahlian computer yang diakui diseluruh dunia.

Bapak Menteri Pendidikan sedang memberikan arahan kepada ATC ICDL di gedung Depdiknas, Desember 2006

Selaku Lembaga Sertifikasi yang diiktiraf diseluruh dunia, kualitas ujian ekahlian yang diselenggarakan oleh ICDL merupakan sesuatu yang teramat penting. Para pemegang sertifikat ICDL seyogjanya sangat yakin bahwa sertifikasi keahlian yang mereka miliki adalah merupakan bukti atas kompetensi mereka dalam kaitan dengan olah computer, dan kerena nya kemudian kualifikasi ini diakui oleh masyarakat dalam arti luas, termasuk didalamnya para pemberi kerja dan Institusi pendidikan.

Pangeran Andrew dalam salah satu acara ICDL di Vietnam 6 juni 2006

Adalah Finlandia yang pertama kali membidani kelahiran konsep European Computer Driving Licence (ECDL). Saat The Finnish Information Processing Association memperkenalkan The Finnish Computer Driving Licence (FCDL) pada tahun 1994.

The Council of European Informatic Societies (CEPIS) pada tahun 1995 telah membentuk satuan gugus tugas (kelompok kerja) dengan suatu ide bagaimana meningkatkan keahlian dibidang information technology pada dunia industri di seluruh Eropa. Pokja tersebut kemudian melihat kemungkinan ICDL yang pada saat itu dicetuskan di Finlandia, sebagai suatu kendaraan yang amat tepat untuk maksud tersebut, kemudian melakukan uji coba pada tahun 1995-1996. sebagai hasil dari uji coba tersebut, dilakukan perubahan-perubahan mendasar sehingga conceptnya bisa diterima oleh kalangan yang luas dari Finlandia.

Kemudian test baru diperkenalkan dengan nama The European Computer Driving Licence pada bulan agustus 1996 di Swedia. Pekerjaan pokja dari pada CEPIS ini kemudian mendapatkan dukungan pendanaan dari komisi Eropa melalui ESPRIT research programme.

MYR Agung Sidayu dan Team Al-Zaytun (ICDL Approved Center) bersama Bapak ACE SURYADI Ph.D di kantor Menteri Pendidikan Nasional

Yayasan ECDL kemudian didirikan secara resmi pada bulan Januari 1997. yang merupakan perseoran terbatas dengan jaminan, tidak ada share capital, dan didaftarkan di Irlandia. Tujuan utama dari pada pendirian ECDL foundation tersebut adalah untuk mempromosikan program-program ECDL/ICDL keseluruh dunia, dengan memanfaatkan partnership di Negara-negara yang berbeda. Sebagian besar dari pada partner mana adalah masyarakat computer (computer society), dan organisasi-organisasi lainnya yang mempunyai perhatian besar didalam pengembangan computer literasi.

ECDL foundation mendirikan ICDL Asia Pasifik pada akhir tahun 2001, dan institusi mana mempunyai tanggung jawab penuh untuk memperkenalkan ICDL di seluruh Negara-negara yang ada di asia pasifik.

Overview

Validasi daripada sertifikat ICDL menjadi sangat bergantung pada pengakuan internationalnya. Tolok ukur kemahiran computer, syllabus yang tepat guna dan proses pengembangan test dengan pengawasan yang berkesinambungan telah memberikan kepastian atas kualitas test itu sendiri, dan tentu saja berkaitan erat dengan Validitas sertifikat ICDL


Menteri Pendidikan sedang menyerahkan Certificate of Accreditation kepada salah satu pimpinan BPPLSP


Test ICDL didesign sedemikian rupa melalui proses pengawasan yang ketat agar seirama dengan kebutuhan industri. Test mana dikembangkan atas dasar :
• Petunjuk pelaksanaan yang disetujui untuk pengembangan test sertifikasi
• Konsultasi dengan berbagai psychometric consultants yang ternama
• Teknis falidasi yang telah diakui oleh masyarakat luas yakni : (process, quantitative, qualitative)
• Quality control yang dilakukan oleh para ahli dan praktisi computer yang professional
• Proses pengawasan yang dilakukan terus menerus agar memenuhi standard Variabel dan ketahanan Validitas

Intinya adalah bahwa ICDL merupakan standard tolak ukur kemahiran olah computer yang ternama didunia, dan pengakuan atas mutu dari pada ICDL telah dikemukakan secara tertulis oleh para ahli komputer peringkat dunia yang termasyhur, baik daripada masyarakat komputer maupun kelompok ahli-ahli computer.

Apakah ICDL (International Computer Driving Licence) itu ?

ICDL adalah kualifikasi Computing Literacy yang amat terkenal di Dunia
Menjadikan pemegang sertifikatnya mampu menunjukkan kapabilitasnya dalam olah komputer.
Di design untuk mereka yang akan mempelajari dasar dasar komputer untuk kepentingan pekerjaannya. Mengeluarkan kualifikasi berstandar International untuk para pelajar/mahasiswa dan pencari kerja. ICDL adalah terbuka untuk umum, tidak terbatas pada ras dan agama tertentu, dan tidak ada batasan umur bagi mereka yang akan mendaftar untuk mendapatkan sertifikat ICDL.

Mengapa ICDL?

Benar benar international.
  • Kantor pusat regional dan Lokal disediakan di setiap negara untuk membantu terselenggaranya test dengan baik.
  • Kebijakan harga test yang sesuai dengan daya beli masyarakat.
  • Terbebas dari Vendor apapun – kandidat bisa di uji dengan berbagai software platform yang ada di dunia.
  • Ketersediaan gudang test dan test center network.
  • Syllabus yang selalu diupdate sesuai dengan derap kemajuan ICT dan dipandu oleh professional professional dibidangnya.
  • State-of-the-art Automated atas evaluasi system test dan solusi business system yang sempurna untuk administrasi sertifikasi.
Proses internal quality control yang handal sehingga dapat dipertanggung jawabkan :
  • Identifikasi kandidat dengan seksama,
  • Ketersediaan Invigilator saat melaksanakan ujian, dan
  • Ketersediaan data test yang akan dipergunakan untuk melakukan ujian ulangan, sehingga kandidat tidak mendapatkan pertanyaan yang sama.
  • Ketersediaan approved courseware berdasar pada syllabi terkini.
Manfaat IT Skills Certification

Untuk perorangan (Pemegang sertifikat)

  • Kualifikasi yang diakui secara International untuk kepentingan melanjutkan study atau bekerja, dan meningkatkan kemampuan dasar IT dan olah Komputer bagi para peserta didik dan seluruh staff serta guru/trainer yang ada.
  • Memberikan prospek yang baik dan mobilitas kerja yang tinggi, bagi alumni SKB atau Lembaga Kursus Swasta.
  • Sebagai passport menuju jenjang pendidikan IT yang lebih tinggi, dan luasnya kesempatan kerja bagi alumni SKB dan atau lembaga Kursus swasta.
  • Meningkatkan Personal development dan motivasi, bahwa alumni SKB atau Lembaga Kursus juga mempunyai kemahiran olah komputer yang tinggi.

Untuk Perusahaan

  • Bisa membuktikan kemampuan karyawan dan calon karyawannya
  • Persyaratan yang jelas atas kemampuan ICT yang diinginkan untuk calon karyawannya;
  • Meringankan biaya
  • Mempercepat payback atas Investasinya dibidang IT
  • Bisa meng-efisiensikan prosesi pekerjaan sehari hari.

Untuk ATC (Approved Test Center)

Sebagai Test center SKB atau Lembaga Kursus bisa menyelenggarakan diversifikasi pembelajaran untuk masyarakat:
  • Memberikan Kualifikasi IT international kepada para peserta didik, sehingga mereka tidak lagi dianggap sebagai anggota masyarakat kelas dua
  • Meningkatkan effektifitas pembelajaran dan administrasi
  • Meringankan biaya operasional IT karena ketersediaan sumberdaya dan mempercepat kembalinya investasi SKB / Lembaga Kursus swasta di bidang IT
  • Mempunyai andalan kualifikasi IT bagi para peserta didiknya, sehingga mereka mampu bersaing ditengah pasar kerja, atau mampu berdiri sendiri sebagai wira usaha yang tangguh.
  • Mempunyai produk unggulan berstandar Internasional yang bisa ditawarkan di tengah masyarakat
  • Tujuan ICDL
  • Sebagai tindak lanjut dari penerimaan secara luas atas ECDL/ICDL di Eropa, maka langkah-langkah bijak telah dilakukan di seluruh penjuru dunia. Dan oleh sebab itu, program mana telah dibuat sedemikian rupa sehingga bisa dijangkau oleh banyak negara di luar Eropa, yang pada akhirnya menjadi tolak ukur kemahiran olah computer yang diakui secara international.
  • ICDL AP dalam kaitan dalam tujuan tersebut berkerja sama dengan mitra kerja di beberapa negara, dengan maksud utama agar mampu menjangkau masyarakat seluas-luasnya. Kemakmuran dunia adalah sangat bergantung pada keterampilan tenaga kerja, dan hampir diseluruh bagian mengharuskan untuk seseorang mampu berolah Komputer.
  • ICDL menawarkan kontribusinya yang amat signifikan untuk keberhasilan tujuan tersebut diatas. Disamping itu ICDL akan terus memberikan kesempatan kepada setiap orang mengupgrade kemahiran komputernya dengan versi-versi terbaru, dan produk-produk terbarunya.
Misi ICDL

ICDL adalah diperuntukan untuk setiap orang, dan merupakan standard kemahiran yang diakui oleh seluruh dunia. Certifikasi ICDL menunjuk bahwa pemegangnya telah mempunyai keahlian besar yang amat penting dari pada information technology, dan ia mempunyai keterampilan didalam mengunakan computer dengan berbagai applikasi dalam arti yang seluas-luasnya sesuai dengan standard kemahiran yang diiktiraf.

Misi daripada ICDL jelas telah dinyatakan, yakni
  • Menumbuhkan ukuran kemahiran olah Komputer dan pengetahuan tentang IT secara global
  • Membantu meningkatkan kemahiran olah Komputer secara umum di tengah masyarakat luas
  • Menyediakan kualifikasi yang amat esensial, yang karenanya masyarakat luas mampu mengikuti perkembangan e-society (masyarakat cyber)
  • Menjadikan sebagai program yang terbuka untuk umum / setiap orang.
Manfaat Untuk Perusahaan

Sebagian besar lapangan pekerjaan saat ini membutuhkan mereka yang mempunyai pengetahuan dan pengalaman didalam menggunakan computer. Banyak perusahaan mempersyaratkan pekerjanya untuk memiliki pengetahuan dan pengalaman, dan menyakini dengan jelas, bahwa pekerja barunya mempunyai peringkat kemampuan tersebut sehingga mampu mengerjakan tugas-tugas nya dengan sempurna. Untuk kebutuhan tersebut ICDL telah memberikan berbagai bukti sebagai kualifikasi yang sesuai dengan kebutuhan tersebut.

Hal yang penting dan merupakan keistimewaan ICDL didalam kaitan dengan kebutuhan tersebut diatas adalah Ia merupakan standard ketrampilan yang diakui secara international di 160 negara didunia, dan peringkat pengakuan semakin meningkat dari bulan ke bulan.

  • ICDL menyediakan metode pengukuran kemampuan secara objective
  • ICDL bebas dari keterkaitan dengan salah satu vendor, syllabusnya disusun sedemikian rupa sehingga mencakup keterampilan di berbagai applikasi yang berbeda tanpa tergantung pada produk salah satu vendor
  • Memperkecil biaya yang harus dikeluarkan untuk kepentingan computing, karena staf yang terlatih sudah cukup bahu-membahu didalam menyelesaikan problema yang dihadapinya sehari-hari
  • Menyerderhanakan proses recruitment, karena sudah bukan waktunya lagi membuang waktu hanya untuk mengetes kemampuan olah computer calon tenaga kerja baru
  • Lebih mudah didalam mengdopsi atau mengintegrasikan system baru jika dibutuhkan, karena staf yang competence akan lebih mudah mengikuti segala perkembangan dan perubahan system
  • Meningkatkan produktifitas. Staf yang qualified tentu saja akan lebih produktif.

Berbagai penelitian telah dilakukan terhadap ketidakmampuan tenaga kerja dan keterampilan terhadap efisiensi perusahan/ organisasi. Penelitian yang telah dilakukan di Norwegia tahun 2001 oleh CAP Gemini Ernst & Young. Study mana berjudul “Estimation of Hidden".

Computer Costs Within the Norwegian Population” dan menguji waktu yang dipergunakan didalam kaitan dengan penggunaan computer dan penyelesaian problemanya dalam tugas keseharian. Baik untuk diri sendiri maupun dalam kaitan dengan bantuan yang diberikan kepada orang lain. Survey tersebut membuktikan bahwa lebih dari $.,4300 perorang telah musnah setiap tahunnya di Norwegia. Jumlah mana diperkirakan berlaku juga terhadap kurang lebih 75 juta pengguna computer di seluruh Eropa, yang dengan demikian hampir 320 milyar euro telah musnah setiap tahun sebagai akibat dari kekurangmampuan tersebut diatas.

Penelitian juga telah dilakukan oleh the National Health Service (NHS) di Inggris Raya. NHS merupakan institusi terbesar di Eropa dalam kaitan dengan jumlah tenaga kerja, karena jumlah karyawannya kurang lebih 1,2 juta jiwa. Penelitian dilakukan di area utama mereka yaitu, The Manchester Heatlh Authority. Dalam penelitian mana diikut sertakan 160 staf, yang diminta untuk mengisi formulir yang disediakan dengan berbagai pertanyaan, sebelum dan sesudah mendapatkan ICDL qualification.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan :
Seluruh responden menyatakan bahwa mereka lebih bahkan sangat lebih percaya diri didalam menggunakan computer 9 dari 10 responden secara jelas merekomendasikan koleganya untuk ikut ambil ICDL qualification
Sebelumnya 44% dari responden selalu membuang waktu dengan mencari bantuan untuk problema komputernya. Sesudah mendapatkan qualifikasi kurang dari 10% yang masih meminta bantuan Moralitas meningkat dari 65% sebelumnya menjadi 83% sesudah mendapatkan qualifikasi. Kembalinya investasi yang dikeluarkan adalah 165% dengan ukuran penghematan waktu rata-rata 38 menit perhari.

Di United Kingdom NHS telah mempersyaratkan seluruh karyawannya untuk memiliki kualifikasi ICDL, sebagai hasil dari penelitian diatas dan berbagai pertimbangan.

Manfaat bagi tenaga kerja

Manfaat utama bagi tenaga kerja adalah kemampuan mereka untuk mendemontrasikan keterampilan olah komputernya dan kualifikasinya yang diakui secara international. Sesuatu yang dapat menyakinkan perusahaan dimana mereka berkerja, akan prospectnya sebagai tenaga kerja, begitu juga ketika dia harus pindah ke tempat bekerja lainnya. Disamping itu penguasaan atas keterampilan penting mana mempertinggi sense keberhasilan bagi masing-masing individu.

Hasil penelitian NHS tersebut diatas, adalah salah satu hal yang patut menjadi pertimbangan, dimana hasil penelitian membuktikan adanya peningkatan pasar, dan merupakan sesuatu yang menjadi pertimbangan untuk mendapatkan kualifikasi ICDL.

Dalam pada itu, suatu penelitian yang amat luas dilakukan pada tahun 2002 di Inggris, untuk mendapatkan jawaban mengapa banyak orang berminat untuk mengambil kualifikasi ICDL dan bagaimana pengalaman mereka setelah itu, sebanyak 1,457 responden telah ikut serta dalam penelitian tersebut.
Untuk pertanyaan “mengapa anda mengambil kualifikasi ICDL”, mereka menjawab :

  • 38% mengatakan untuk membantu menyelesaikan pekerjaan dengan efisien
  • 22% mengatakan untuk mendapatkan pekerjaan baru dan promosi jabatan
  • 15% mengatakan untuk mendapatkan lowongan perkerjaan kembali
  • 64% mengatakan untuk mendapatkan kualifikasi yang diiktiraf
Untuk pertanyaan “sekarang anda telah mendapatkan ICDL, apakah kira-kira manfaat yang anda peroleh”? mereka jawab :

  • 24% mengatakan sangat efisian dan menghemat waktu untuk perkerjaan
  • 50% mengatakan lebih konfident dalam menggunakan computer
  • 61% mengatakan telah mendapatkan kualifikasi yang diiktiraf untuk masukkan dalam Curiculum Vitae
  • 29% mengatakan mendapatkan jaminan perkerjaan dimasa datang
Sebagai tambahan dari uraian tersebut diatas, banyak masukan yang bersifat anecdot (lelucon), yang berkaitan dengan nilai-nilai setelah mereka mendapatkan ICDL.

Pengakuan International

Sebagai program sertifikasi literasi komputer, ICDL sudah diakui oleh banyak negara dan lembaga-lembaga internasional seperti halnya masyarakat ekonomi eropa, PBB dan diantaranya sebagai berikut :

UNESCO

kantor perwakilan Kairo Mesir, kantor regional untuk ilmu pengetahuan dan technology bagi Negara-negara Arab, adalah merupakan salah satu kantor perwakilan UNESCO yang didirikan pada tahun 1947, dan sekarang melayani tujuh belas Negara-negara Arab. Tujuan utama kantor perwakilan di Kairo ini adalah untuk mengimplementasikan program-program UNESCO di Mesir dan Negara-negara Arab tetangganya.

UNESCO telah melihat ICDL sebagai bagian yang amat penting untuk kontribusinya tersebut diatas, dan telah menjalin ikatan yang kuat dengan menjadi agent bagi ICDL dikawasan tersebut, anda biasa melihat program yang ditawarkan UNESCO di homepagenya http://www.icdl-unesco.org/

Program Multinational UNDP

UNDP adalah salah satu organisasi yang berinduk pada persatuan bangsa-bangsa (UN), yang bertugas untuk mengadvokasi pertukaran dan keterkaitan Negara-negara anggota akan ilmu pengetahuan, pengalaman dan sumber-sumber untuk membantu masyarakatnya agar hidup lebih baik, kini organisasi ini ada hampir 166 negara, bekerja sama masing-masing Negara untuk mengahadapi tantangan local maupun global.

Pada bidang informasi dan komunikasi (ICT), UNDP membantu Negara-negara anggota dengan menghadirkan pakar-pakar dan praktisi –praktisi dari segenap penjuru dunia untuk mengambangkan akses ICT dan memanfaatkan perkembangan secara maksimal, UNDP juga menjasi solusi ICT untuk mengefektifkan jaringan globalnya untuk mensupport program tersebut diatas, UNDP telah mempersyaratkan semua staffnya untuk memiliki kualifikasi ICDL, tahapan awal ICDl telah diperkenalkan di 17 negara anggota dan akan terus dikembangkan sampai ke seluruh anggota yakni 166 negar diseluruh dunia. Center UNDP petama yang di akreditasi adalah UNDP center Beijing Cina.

European Union (Persatuan Eropa)

Sebagai bagian yang terpisahkan dari program E-europe, yang bermaksud untuk mengakselerasikan pengunaan ICT di seluruh Eropa. Komisi Eropa telah melakukan investigasi untuk mendapatkan keseragaman standard keterampilan olah computer di seluruh anggota persatuan Eropa. Sebagia hasilnya, ESDIS (High Level Group on The Employment and Social Dimension of The Information Society) mengeluarkan rekomendasi sebagai berikut (oktober 2001) “bahwa European Computer Driving Licence (ECDL) telah di akui sebagai sarana akreditasi bagi keterampilan dasar computer di seluruh anggota persatuan Eropa” kemudian daripada itu sebagi petunjuk diwaktu yang akan datang, untuk diploma keterampilan dasar IT di seluruh anggota persatuan Eropa, seharusnya di kembangkan dibawah E-learning Action plan (rencana kerja).

Central and Eastern European Countries (CEEC)

ECDL telah di perkenalkan sebagai pilot project di 27 tempat, sebagai persiapan bagi masyarakat Eropa tengah dan timur untuk mejadi anggota penuh peratuan Eropa. Bagi negra-negra ini informasi dan komunikasi menjadi prioritas utama, agar supaya mereka mampu bersaing dan bias ditetapkan sebanyak 27 ide untuk inisiatif Eropa (European initiatives), mecakup berbagai area, ekonomi, dan public interest. ECDL adalah sebuah project yang dimasukkan dalam kategori Public interest.

Pengakuan National Inggris terhadap ICDL

Hampir seluruh negera didunia mengakui betapa pentingnya penguasaan atau keterampilan computer bagi angkatan kerjanya, karena hampir semua pekerjaan sehari-hari dilakukan dengan memanfaatkan keberadaan computer, baik yang besar maupun yang kecil.

Banyak Negara menghargai nilai daripada standard kualifikasi untuk masud tersebut diatas, dan saat ini berkembang pesat pemerintahan national yang bermaksud mengadopsi ICDL untuk memenuhi kebutuhan tersebut, dan cara terbaiknya adalah memperkenalkan ICDL untuk masing-masing departement yang ada, terdapat beberapa contoh untuk ini antara lain adalah:

The UK International Health Service (NHS) institusi pelayanan kesehatan bagi seluruh warga Negara Inggris. Yang juga merupakan institusi dengan karyawan terbesar di Eropa (1,2 juta karyawan). Sebagian hasil dari penelitian akan pentingnya penguasaan keterampilan computer bagi staffnya, Institusi mana kemudian mempersyaratkan semua karyawannnya untuk memiliki kualifikasi ICDL. Program ambisius ini telah dimulai pada tahun 2002 dan akan memakan waktu bertahun-tahun untuk menyelesaikan. Hal mana menunjukan betapa besarnya perhatian institusi besar tersebut kepada pengembangan sumber daya manusia dan finacialnya.

Timur Tengah, Untuk mengetahui lebih banyak tentang Pengakuan ICDL/ECDL silah baca website ECDL; http://www.ecdl.com atau http://www.icdlgcc.com.

Approved Test Center ICDL di Indonesia

Approved Test Center (ATC) adalah lembaga penyelenggara test ICDL yang telah mendapatkan pengakuan dari ECDL Foundation, bertanggung jawab untuk memberikan pelayanan kepada siapapun, tingkat apapun perorangan maupun lembaga untuk mengikuti test sertifikasi ICDL.

Saat ini sudah ada sekitar 450 Approved Test Center yang tersebar di seluruh Kabupaten/Kota di Indonesia, yang terdiri dari Lembaga Swasta dan Lembaga Pemerintah. Jumlah ini akan berkembang terus sesuai dengan kebutuhan. Kesempatan menjadi ATC terbuka untuk siapapun, dan dapat menghubungi ICDL Indonesia untuk informasi dan kerjasama. Anda dapat mengikuti Mailing List Approved Test Center untuk berbagi informasi yang berkaitan dengan ICDL. Anda dapat mencari alamat atau lokasi Approved Test Center Berdasarkan Provinsi.

Product

Program Yang Bisa Di Pasarkar Di Indonesia

Terdapat sembilan kualifikasi atau produk yang ditawarkan oleh ECDL dan atau ICDL termasuk didalamnya ICDL Asia Pasifik, dari peringkat terendah bagi mereka yang tidak mempunyai basik komputing, yang diberi nama EQUAL SKILLS sampai pada peringkat tertinggi, yang mengarah pada profesionalisme dibidang IT, terutama bagi para praktisi.Keseluruhan kualifikasi / sertifikasi ECDL atau ICDL adalah merupakan kualifikasi yang berstandard tinggi tidak hanya untuk mendapatkan iktiraf atau endoresement semata mata, tetapi juga sangat berguna bagi para praktisi dan mereka yang ingin memahami dunia komputing/IT secara lebih mendalam. Sebagai sebuah kualifikasi ECDL/ICDL telah di ajarkan di 146 negara di dunia dan hampir 6 juta kandidat telah menyelesaikan sertifikasi, termasuk didalamnya 4600 lebih di Indonesia.
Semua kualifikasi ECDL/ICDL telah di uji kompetensinya oleh para pakar IT dunia, dan sangat akseptable untuk seluruh masyarakat dunia, tidak dibatasi oleh usia ataupun ras dan agama. Untuk Indonesia kami memasarkan sebagian besar dari produk yang ada antara lain :

  • EqualSkills
  • Ecitizen
  • ICDL Start
  • ICDL Core
  • Advanced

Equalskills

Apa Itu Equalskills ?

Equalskills adalah program yang sangat menyenangkan, informal dan sama sekali tidak menyulitkan sebagai sebuah pembelejaran dasar komputer dan Internet bagi para pemula. Program ini dibuat sedemikian rupa sebagai pembelajaran dasar yang amat fundamental dan membuat peserta didik lebih yakin akan pemahamannya terhadap komputer dan atau Internet, program ini sebagai sarana awal untuk masuk kedalam program IT lanjutan. Apa Saja Yang Diajarkan Dalam Program Dasar Ini ?Ada empat dasar dasar komputing yang diajarkan, yakni :

Dasar dasar Komputer
• Bagian - bagian utama Komputer
• Cara memulai
• Menggunakan Keyboard
• Menggunakan Mouse

Pengenalan Desktop
• Desktop
• Windows
• Membuat dokumen
• Mengetik file

The World Wide Web
• The WWW
• Web Browser
• Searching

Email
• Email accounts
• Messages

Apa Yang Akan Dipelajari Oleh Kandidat ?

Kandidat akan belajar memahami apa yang bisa dilakukannya dengan Komputer, dan apa yang bisa dilakukannya dengan Internet saat menggunakan World Wide Web. Setelah selesai dengan program ini Kandidat mampu untuk menggunakan email dengan benar, dan menggunakan beberapa program secara sederhana, mampu melakukan browsing Internet dengan benar sebagai sarana usaha atau hobby.
Untuk Siapakah Program Ini ?

Equalskills secara khusus didesign untuk para pemula dan terbuka untuk umum, tidak memandang umur, latar belakang pendidikan dan kemampuan. Program ini benar benar diperuntukkan bagi mereka yang sama sekali tidak pernah menggunakan komputer.

Lama Pembelajaran ?

Program ini mengambil masa kurang lebih 8 - 15 jam pelatihan atau pembelajaran, dan masa pelatihan ini sangat bergantung kepada kemampuan Kandidat, keselurhan program ini benar benar di rancang sangat fleksibel dan kandidat bisa melakukannya sesuai dengan caranya sendiri.

Apakah Ada Test / Ujian Untuk Program Ini ?

Tidak, untuk program ini tidak diselenggarakan ujian atau test khusus, sebagai gantinya pelatih atau guru akan memberikan tugas - tugas yang berkaitan dengan materi pembelajaran/pelatihan saat akhir program pembelajaran.

Apakah Ada Kualifikasi Khusus Untuk Program Ini ?

Program ini memang dibuat bukan untuk sebuah sertifikasi seperti halnya program ICDL lainnya. Akan tetapi lebih di khususkan untuk memberikan dasar dasar komputing bagi peserta didik/latih agar mereka mampu menggunakan komputer dan Internet untuk kepentingan sehari - hari. Setelah selesai pelatihan, Kandidat mampu menggunakan meial, Internet dan program program sederhana secara baik. Setekah menyelesaikan program ini kandidat bisa melanjtkan ke progra sertifikasi ICDL lainnya.

Equalskills Syllabus
Silahkan lihat equalSkills Syllabus dibawah:
EqualSkills Syllabus

Dokumen tersebut diatas menggunakan file PDF, jika anda tidak memiliki program ini silahkan download disini.

Pelatihan Equalskills


Tidak ada materi Couseware khusus untuk program ini, tetapi Kandidat diajar dengan menggunakan materi pembelajaran yang disebut sebagai workbook sederhana berkaitan dengan latihan sederhana dan pembelajaran. Kandidat mempunyai tutor yang disebut sebagai fasilitator, yang akan membantu kesulitan yang dihadapi peserta pelatihan.

Workbook tersebut diatas merupakan pembelajaran dan asasement yang akan membantu para kandidat mengerjakan latihan latihan, termasuk didalamnya latihan latihan dalam menggunakan internet. Program mana membutuhkan waktu antara 8 sampai 15 jam pembelajaran

e-Citizen

Komputer dan Internet saat ini merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dalam hidup dan kehidupan kita.

Internet tidak saja berguna untuk mencari informasi, akan tetapi lebih dari itu bisa dipergunakan untuk membantu kelancaran kerja organisasi atau Pemerintah. Komputer dan Internet saat ini merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dalam hidup dan kehidupan kita.Internet tidak saja berguna untuk mencari informasi, akan tetapi lebih dari itu bisa dipergunakan untuk membantu kelancaran kerja organisasi atau Pemerintah, dengan demikian tanpa pemahaman masalah akan Internet, maka kita akan kehilangan waktu. Banyak orang yang sudah memahinya tetapi juga banyak yang belum. Jika anda belum memahaminya maka E-citizen adalah sangat cocok untuk anda.

Silah download sylabus berikut dibawah ini :
e-Citizen Syllabus Version 1.0.
e-Citizen Syllabus Guide

Modul ICDL Core / Start

Modul 1: Konsep daripada Technology Information (IT)
  • Pengetahuan tentang konsep dasar IT secara umum
  • Pengetahuan tentang bentuk dan kandungan computer (PC), misalnya hal-hal yang berkaitan dengan perangkat keras, perangkat lunak, storage dan memory
  • Pengetahuan umum tentang komunikasi, jaringan, aplikasi perangkat lunak,
  • Kesehatan dan keamanan dalam menggunakan computer, proteksi keamanan dan pengetahuan tentang aspek hukum

Modul 2: Penggunaan Computer dan Memanage Files
  • Kemampuan untuk menggunakan computer dan system applikasinya
  • Pengetahuan dan keterampilan untuk melakukan penyesuaian setting, menggunakan petunjuk pertolongan, merestart dari kekeliruan, mengoperasikan deskop, mengatur files dan folder.
  • Kemampuan melakukan text editing, print management, compression dan proteksi terhadap serangan virus

Modul 3: Word Processing

  • Mampu didalam melakukan aplikasi word untuk tugas-tugas harian, menformat dan menyelesaikan document dalam ukuran kecil
  • Melakukan copying dan pemindahan, menggunakan table, gambar dan images dan memanfaatkan petunjuk-petunjuk mail

Modul 4: Spreadsheets

  • Mampu menggunakan aplikasi spreadsheets
  • Mampu mengembangkan, menformat dan memodifikasi spreadsheets dengan pemahaman konsepsi yang amat terbatas
  • Mampu meningkatkan dan mengaplikasikan formula dan menggunakan graphs/charts
  • Mampu menggunakan aplikasi database dan memahami konsep dasarnya
  • Mampu untuk membuat dan memodifikasi table, queries, formulir dan reportasi serta menyulap output
  • Mampu menghubungkaitkan tables, memanipulasi dan menyelamatkan informasi dengan menggunakan tool query dan penyortiran.

Modul 6: Presentation

  • Mampu menggunakan presentation tools di computer
  • Mampu membuat, menformat, dan memodifikasikan serta mempersiapkan layout slide untuk presentation
  • Mampu membuat simple drawn object sederhana dan membuat charts
  • Mampu memanipulasi text, gambar atau images serta menganimasikan presentation

Modul 7: Information and Communication (ICT)

  • Modul ini dibagi mejadi 2 bagian, bagian pertama mencakup:
  • Mampu menggunakan internet, mengerti konsep dasarnya dan mampu menghargai security issues
  • Mampu mengunakan search engine tools untuk browsing biasa dan mencari berbagai macam informasi
  • Memanfaatkan web-based form, bookmarks dan mencetak halaman-halaman yang dibutuhkan
  • Kandungan bagian kedua adalah :
  • Mampu menggunakan email dan memahami konsep dasarnya, termasuk hal-hal yang berkaitan dengan pengamanan.
  • Mampu membuat, mengirim, menerima dan menforward email, menghandel attachment (lampiran) dan membuat segala bentuk folder message dalam email.
ICDL Core Introduction

The International Computer Driving Licence (ICDL), dikenal sebagai the ECDL di Europa, merupakan kualifikasi International yang amat berguna bagi semua anggota masyarakat, kualifikasi ini mendapat pengakuan luas dari kalangan Pemerintah, masyarakat Komputer International, Organisasi sosial ataupun business dan lain sebagainya.


Berbagai uraian tentang ICDL telah disampaikan dalam CDROM terdahulu, dan untuk mengetahui lebih banyak silahkan simak sylabus dari ke tujuh modul dibawah ini :

Module 1: Concepts of Information Technology (IT)
Module 2: Using the Computer and Managing Files
Module 3: Word Processing
Module 4: Spreadsheets
Module 5: Database
Module 6: Presentation
Module 7: Information and Communication

Ujian Untuk ICDL Core


Waktunya 45 menit

36 tugas pertest/permodul
75% minimal harus terjawab
Lulus atau Tidak lulus
Bagi Kandidat yang lulus ketujuh modul tersebut diatas, diberikan certificate of ICDL Core dan bagi yang hanya lulus empat modul diberikan sertifikat ICDL Start.
ICDL Syllabus v4.0

ICDL Advanced

Modul ICDL Advanced memberikan kesempatabn kepada kandidat menjadi expert didalam menggunakan aplikasi, menguasai keterampilan khusus didalam memanfaatkan kelebihan kelebihan software
ICDL Advanced.

Modul ICDL Advanced memberikan kesempatabn kepada kandidat menjadi expert didalam menggunakan aplikasi, menguasai keterampilan khusus didalam memanfaatkan kelebihan kelebihan software.

Kandidat ICDL Advanced Candidates dapat mendemontrasikan bahwa mereka :

  • Efisient dan terorganisir
  • Lebih produktif
  • Kapabel didalam mengimplementasikan aplikasi
  • Atraktif dan professional

Kualifikasi ICDL Advanced adalah :
  • Di iktiraf secara Internasional
  • Merupakan demontrasi dari skill lanjutan
  • Vendor-Netral (bisa dimanfaatkan untuk semua software yang ada)
  • Di back up oleh ICDL qualification
Bagaimana ICDL Advanced dilaksanakan?

ICDL Advanced meliputi beberapa modul tersebut dibawah ini :

  • Advanced Word Processing
  • Advanced Spreadsheets
  • Advanced Database
  • Advanced Presentation
Setiap modul tersebut diatas disusun sedemikian rupa sebagai bagian yang bisa dipelajari sendiri-sendiri dengan sertifikat khusus. Persyaratannya adalah kandidat diharuskan untuk terlebih dahulu lulus ICDL Core (7 modules), sebelum bisa mengikuti ICDL Advanced tersebut diatas.

Masing masing modul membutuhkan sedikitnya 8-15 jam training sebelum ujian dilaksanakan. Walau demikian kandidat bisa saja tidak mengikuti training, jika telah yakin bahwa mereka mampu mengikuti ujian disebabkan telah menguasai modul yang diujikan. Selain training formal kandidat bisa belajar secara independent, karena banyak buku buku khusus yang disediakan.

Masing masing modul di ujikan dengan waktu 1 jam, apabila kandidat lulus ujian untuk masing masing modul, maka yang bersangkutan berhak untuk mendapatkan sertifikat untuk masing masing modul tersebut. Sedang bagi mereka yang lulus ke empat modul tersebut diatas, berhak memperoleh sertifikat ICDL Advanced dengan catatan khusus yang disebut expert-level ICDL competence.

0 komentar:

Poskan Komentar