Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Bersepeda Jelajah Jawa-Madura

Indramayu, Pelita. Dengan mengucapkan Bismillahi majreha wal mursaha, ina robbi la ghofururohim, Senin 26 Mei 2008 jam 05.00 WIB, Syaykh AS Panji Gumilang mulai memimpin perjalanan para anggota Assosiasi Sepeda Sport Al-Zaytun (ASSA) mengelilingi Pulau Jawa dan Madura.

Sesaat sebelum berangkat Syaykh mengatakan Azam untuk menjelajah Jawa-Madura kita mulai, tanamkan jiwa pantang menyerah, disiplin, saling menghormati, dan toleransi, serta selalu memohon kekuatan dari Tuhan Yang Maha Esa. Kita menjelajah bukan untuk berlomba tetapi untuk mengenal lingkungan yang ada di Jawa-Madura yaitu Indonesia Raya. Untuk itu jangan saling mendahului, group-group yang telah disusun ditaati, nomor-nomor urut group tetap dipertahankan, supaya kita memperoleh keselamatan.

Awal perjalanan itu disaksikan pula oleh Pengurus Ikatan Sepeda Seluruh Indonesia (ISSI) Sofyan, dan perwakilan dari perusahaan sepeda Giant Jakarta Dedi. Bahkan Sofyan mengibarkan bendera start sebagai tanda dimulainya perjalanan. Keduanya menyatakan merasa terkesima menyaksikan antusias yang begitu besar dari anggota ASSA mengikuti perjalanan Jawa-Madura. Biasanya perjalanan sepeda paling banyak diikuti 50 orang, namun disini diikuti 278 peserta, sungguh suatu fenomena yang baru. Ini adalah berkat ketegasan Syaykh dalam menerapkan disiplin, kata Sofyan kepada Pelita.

Tiga hari pertama


Suasana masih pagi, namun kemeriahan terasa di pintu utama Al-Zaytun, semua unsur yang ada dilembaga pendidikan ini ber-kumpul dan berjajar, anggota ASSA sudah siap mengikuti perja-lanan, dan yang lainnya ikut melepas para pesepeda itu. Perjalanannya cukup lama yaitu 17 hari dalam 17 etape dengan jarak tempuh sekitar 2000 km. Etape pertama dari kampus Al-Zaytun menuju kecamatan Tanjung di Jateng melintasi jalan-jalan yang ada di Indramayu dan Cirebon Provinsi Jawa Barat, serta kemudian me-masuki Kabupaten Brebes Provinsi Jawa Tengah.

Sampai ditempat tujuan sekitar jam 13.00 WIB, lalu tim menuju Hotel Dian di Tanjung sebagai tempat yang ditetapkan untuk me-nginap pada etape pertama. Pada etape kedua, start dari Tanjung jam 05.00 WIB, lalu melintasi jalan-jalan yang ada di Kabupaten Brebes, Tegal, Pemalang, serta masuk ke wilayah ibu kota Kabupaten Batang jam 11 siang.

Assda I Drs Suharyanto mewakili Bupati Kabupaten Batang H.M. Tatang Bintoro SE berkesempatan melepas perjalanan Tim Assa hari ketiga Rabu 28 Mei 2008 dari halaman hotel Dewi Ratih. Dalam sambutannya mengharapkan penanaman pohon yang telah dilakukan ASSA merupakan amal baik kepada Kabupaten Batang sehingga bisa memberikan manfaat dalam menjaga kelestarian lingkungan dan mengurangi dampak pemanasan global.
Penanaman pohon merupakan wujud nyata kepedulian ASSA terhadap kelestarian lingkungan. Terkadang kita hanya bisa memetik dan lupa menanam. Dengan menanam pohon kita terus ingat pada Allah Swt yang senantiasa memberikan rezeki kepada manusia, ungkapnya. Selanjutnya Assda mengucapkan selamat jalan kepada tim, hen-daknya hati-hati dalam menempuh perjalanan karena Jalur Pantura melewati alas roban merupakan jalan yang selalu sibuk, banyak tikungan, tanjakan dan turunan.

Kepada Pers, Drs Suharyanto mengemukakan kegiatan yang dilakukan ASSA sangat positif, seragamnya merah putih dan sebelum berangkat menyanyikan Indonesia Raya. Merupakan nilai kejuangan yang harus dimiliki oleh bangsa Indonesia, lebih mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa demi keutuhan NKRI. Nilai keju-angan seperti itu harus terus didengungkan sebab pada masa seka-rang ini terjadi gejala-gejala perpecahan diantara bangsa Indonesia, tegasnya.

Perjalanan hari ketiga, dari Batang diteruskan ke Tulis, Subah, Grinsing, Waleri, Kendal, Kaliwungu, Mangkang dan berakhir di Semarang. Sampai di Kendal jam 08.25 WIB, kemudian dilanjutkan menuju Ibu Kota Jawa Tengah Semarang. Tiba di Mesjid Agung Semarang jam 10.20 WIB, tim diterima oleh Direktur Pengelola Mesjid, Edi.

Saya merasa bangga dengan kegiatan ASSA ini, semoga Indonesia semakin maju dan berkembang dimasa mendatang. Saya juga berterima kasih, tim mau berkunjung kesini sehingga akan lebih memakmurkan mesjid, kata Edi sewaktu menerima kedatangan tim sepada ASSA. Rabu malam, tim Assosiasi Sepeda Sport Al-Zaytun menginap di Mesjid Agung Semarang,

Posting Komentar

1 Komentar